2018, Sulitnya Mencari Smartphone Yang Pas

    Untuk beberapa orang seperti saya, memilih sesuatu hal itu harus benar-benar dipertimbangkan, termasuk memilih smartphone.  Jujur saja saya orangnya sering ganti ganti hp, mulai dari jaman SMA. Hp yang lama dijual – uangnya buat beli hp yang lebih baru lagi, kalau ga laku tukar tambah. Dari tahun 2013 sampai artikel ini ditulis kira-kira saya sudah berganti hp 5-6 kali, jadi kalau dirata-rata setahun saya ganti hp selama 1 kali.

https://www.phoneworld.com.pk/

     Nah, sekarang ditahun 2018 ini saya juga mau ganti hp lagi. Tapi ditahun ini urusan memilih hp sudah tidak seperti dulu lagikan ? kalau dulu mungkin hp cuma ada dua merk kalau enggak Nokia ya Sony. Setelah namanya HANDPHONE berganti SMARTPHONE, barulah banyak merk merk (yang sebenernya sudah lama, cuma baru masuk di Indonesia) masuk, mulai Apple, Samsung, Sony, HTC dll. Dibeberapa tahun pertamanya nama smartphone mulai berkembang. Kalau di masa itu sih kalau mau milih smartphone ya tinggal di compare aja, dan milihnya pun ga begitu lama, karena memang pilihannya cuma sedikit. Smartphone pertamaku adalah Sony Xperia Miro, harganya lumayan lah waktu itu, versi android nya sudah 4.1 (Ice Cream Sandwich) kamera nya juga sudah auto-focus. Dulu itu waktu saya memilih smartphone ya langsung manteb mau beli Xperia Miro karena memang waktu itu di range harga segitu Xperia Miro spesifikasinya bisa dibilang paling tinggi dan saya cuma compare sama samsung.

       Beberapa tahun belakangan bukan hanya harga yang jadi patokan, tapi juga mau yang kondisi baru atau kondisi bekas ? karena memang banyak banget smartphone bekas yang harga lumayan miring, tapi… kualitasnya juga belum tau. Mulai sekitar tahun 2014an kalau ga salah, mulai booming smartphone dari Batam, dan aku sendiri juga pernah beli, tapi ya itu memang ada harga ada kulitas, setahun pake wifi-bluetooth sudah rusak. Tapi setelah beberapa tahun mengikuti saya sudah mulai tahu gimana cara memilih smartphone bagus dari Batam. Nah sekarang soal harga, kalau diperhatikan Smartphone dengan budget dibawah 2,5 juta ? banyakkan ada Redmi 4x, Redmi Note 4x, Asus Zenfone 3, Asus Zenfone 4, Samsung J series, kalau beruntung dapet Iphone 6 bekas. Dengan begitu banyak pilihan pastinya ada beberapa pertimbangan yang harus ditentuin ketika kalian sudah menentukan harga dan kondisinya, kalau saya simak dari MKBHD, smartphone yang bagus itu punya Build Quality yang bagus, Great Display, Great Performance, Great Battery, dan Great Camera. Nah, syarat diatas itu cuma buat kalian yang punya budget besar, bagi kalian yang punya budget pas-pasan aku saranin ditambah tentuin Budget-nya dulu dan pilih kondisinya baru atau bekas.

https://www.androidpit.com/

         Jadi kalau menurut saya yang paling penting dari spesifikasi smartphone itu adalah Budget, kenapa ? dengan Bugdet sebagai prioritas kalian bisa membatasi Smartphone seperti apa yang akan kalian pilih dan dirange harga berapa smartphone yang sesuai di kantong kamu. Selain itu, smartphone tiap-tiap tahun pasti berganti dan harga smartphone juga turunnya drastis banget setiap model baru rilis, tapi kalau punya uang “sisa” banyak sih gapapa. Tapi juga Kalau bisa, lebih baik buat investasi sesuatu yang berguna buat kamu dan orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.