Coba Memperbaiki Mic Google Pixel

       Baru pakai Google Pixel (GPixel) dapat bekas, dan dapat minus mic. Awalnya kalau cuma mic sih ga masalah bisa pakai headset atau lainnya lagian mumpung murah dan ada yang jual. Bayar, nunggu 5 harian nyampe dirumah si GPixel, setelah nyampe, cari kabel type C dulu biar bisa dicas. Waktunya ngetes mic dulu, buka kamera, ngerekam video. Ehh, ternyata bisa loh mic nya, dapet rejeki nomplok nih lumayan. 🙂 . Ditinggal 5 menit, coba micnya lagi dan ternyata GA WORK. Setelah baca baca diforum ternyata memang penyakitnya GPixel, micnya cuma work ketika direstart. Waktunya kerja deh cari referensi gimana caranya biar WORK tanpa harus ke servis center resmi. Ternyata setelah browsing, ada yang berhasil dan ada yang gagal, dan di artikel ini saya akan merangkum berbagai cara yang sudah dilakukan orang diluar sana untuk memperbaiki mic GPixel ini. Sebelumnya saya ingetin ketika kalian beli GPixel lihatlah tanggal pembuatannya di artikel Bijak Memilih Google Pixel Bekas , Masalah MIC di GPixel ini sangat mengganggu kalau menurut saya, karena GA BISA NONTON YOUTUBE, VIDEO, NGEREKAM VIDEO , MENERIMA ataupun TELPON DARI WHATSAPP ATAUPUN TELPON BIASA. 


1. MEMBERI ANGIN BERTEKANAN PADA LUBANG MIC

Beberapa orang menggunakan cara ini dan mereka mengklaim kalau mic nya sudah tidak bermasalah lagi, berhubung saya ga punya kompressor saya tiup biasa, dan mic belum bisa work. Lain kali saya mau coba di tukang tambal ban barang kali bisa hehe.

Sumber

Sumber


2. MASUK SAFE MODE

Cara ini sudah saya praktekkan, dan memang work tapi hanya untuk beberapa saat saja dan hanya ketika ada di posisi safemode. Setelah keluar safemode ya tetep aja sama. Disafemode bisa membaca kalau ada heatset masuk, keluar safemode udah ga bisa lagi. Kalau seandainya masuk safemode trus ke mode normal bisa ? coba kalian cek terus micnya pakai aplikasi SoundLevelMeter.





3. UPDATE KE ANDROID P BETA

Cara ini banyak orang yang mencobanya, di Forum Google Pixel Indonesia sudah ada yang mencobanya dan work, tapi saya sendiri mencobanya juga masih tetap saja ga ada yang berubah. Mic tetep ga work, disafemode android P juga masih belum bisa.


4. FLASH ULANG KE ANDROID PALING AWAL

Kalau cara ini saya coba sendiri, saya sudah flash dari ROM awal GPixel ( a.k.a Sailfish ) kalau untuk ROM nya kalian bisa liat disini . Mulai dari 7.1.0 test mic dan work lumayan sekitar 30 menitan, trus coba update langsung via OTA ke 8.0.0 eh malah mic ga work dan speaker ga work juga. update ke 8.1.0 dan ke Android P juga masih ga work semua. Akhirnya saya pasrah pake android 9, tapi speaker juga ga work .’–. Dan masih cari cara lain, paling ngk speakernya work lagi lah. cara biar speaker work lagi adalah pukul pukul smartphonemu trus restart, konyol tapi work kok kwkwk.


5. FLASHING CUSROM

Browsing lagi, ternyata di XDA ada yang “katanya” micnya work setelah dia flash pake cusrom. Cusrom yang dipake itu adalah Resurrection Remix 6. Oke, waktunya ngetes, donwload, baca tutorial, flashing… dan hasilnya tetep aja. Beberapa menit setelah flashing memang bisa, tapi setelah itu udah ga pernah work lagi.

Sumber




6. PAKAI BLUETOOTH RECEIVER

Nah ini adalah solusi dari beberapa temendekat di social media untuk pakai bluetooth receiver. Suara yang dari GPixel disalurkan dengan bantuan bluetooth tanpa melewati built-in mic, jadi semua yang berhubungan dengan multimedia di salurkan melalui bluetooth tersebut. Kalau ini hanya temporary fix aja yang penting bisa untuk telepon dan berbagai hal lain yang berhubungan dengan audio. Ngerekam video juga bisa kok dengan mic itu 🙂 . ini adalah beberapa rekomendasi bluetooth receiver yang saya rekomendasikan Referensi Bluetooth Receiver untuk Fix Google Pixel


7. GANTI DAUGHTERBOARD

Baca-baca di ifixit ternyata ada yang bisa setelah dia ganti daughterboard, daughterboard itu pcb yang ada diport chargingnya. sebenernya ganti daughterboard ini agak nekat sih, karena kalau kalian ganti daughterboardnya kalian bakalan buka layarnya, dan resikonya layarnya pecah. Setelah banyak pertimbangan akhirnya nekat untuk beli di aliexpressharganya sih ga begitu mahal, cuma waktunya aja yang agak lama.

lumayan lama sih, sekitar sebulanan. setelah sampai, langsung saya ganti, dan saran saya kalau mau ganti mendingan ganti aja ke konter yang ahli dan mau ngelepas layarnya. karena kalau layarnya pecah harganya sekitar 1jt an. apakah work ?…. dan masih tetep sama aja, 1menit pertama nyala. menit berikutnya ga work lagi. Sampe disini saya sudah nyerah deh kwkwk. Udah habis banyak dan masih belum work. tapi paling ngk bisa buat referensi temendekat semua.

Sumber


8. GANTI MOTHERBOARD

kalau untuk ini hanya usulan saya sih dan belum pernah saya coba sebelumnya, tapi menurut saya kalau dengan cara ini kemungkinan 80% work lah. karena kalau udah ganti motherboard, berarti udah 80% ganti hp.


9. GANTI SMARTPHONE

ini adalah solusi paling jitu, ganti aja hp kalian, beli yang baru. kalau saran saya mendingan beli yang sesuai kebutuhan ajalah, ga perlu mahal mahal. beli GPixel bekas nyesel ? iya nyesel banget kwkwkw. tapi buat pembelajaran aja, hehe . jadi itu 8 cara Coba Memperbaiki Mic Google Pixel . Saya ucapkan semoga berhasil selamat mencoba 🙂

    • Hendra on October 20, 2018 at 8:24 am

    Reply

    thank you bray,

    share jg pengalaman ane beli gpixel bekas ini, awalnya ga tau da bug ini, kemudian pas dateng langsung update ota ke 9, dan voila mic mati, speaker mati, telpon ga bisa, wkwkkwk

    untungnya seller ngasih garansi tukar unit, dan pas datang android nya 8.1, dan ya takut buat update ke 9..

    gpixel abray pas awal dateng posisi di android versi berapa bray?

    1. HudanAchmad

      Reply

      kalau saya dulu sih waktu 8.0 sudah posisi Google Pixel mic mati, kalau saran saya sih mendingan dicek dulu pembuatan tahun berapa, kalau pembuatan ditahun 2016 mending dijual aja . hehe .

    • Sopo on October 20, 2018 at 6:46 pm

    Reply

    Kalau pke earphone bluetooth bisa ga bang? Btw telat nih gua udah kadung beli google pixel dan soundnya mati setelah beberapa hari pemakaian.

    1. HudanAchmad

      Reply

      Bisa kok, bentar lagi saya mau review salah satu rekomendasi bluetooth receiver. Coba aja cari artikelnya. Hehe

    • Sopo on October 21, 2018 at 2:10 am

    Reply

    Wkwk bang hp gua baru jatuh langsung bisa bunyi lagi nih sumpah, keknya coba perbaiki mic nya ditambahi dijatuhi dikarpet yg ngga tipis tapi ngga tebal. Siapa tau bisa kek gua, moga2 permanen.

  1. HudanAchmad

    Reply

    Nah itu caranya emang kwkwkwk, kalau saya biasanya direstat sambil di tepuk tepuk layarnya, dulu micnya work bentar, trus sekarang tidur terus micnya. Dijaga aja jangan sampai mati hp nya, karena kalau udah mati nanti tepuk tepuk lagi berkali kali sampe nyala. Paling ngk yang work speakernyalah, biar bisa liat youtube dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published.