Bootable USB dengan RUFUS

Bootable USB dengan RUFUS

Assalamualaikum kali ini saya akan membagikan cara untuk Bootable USB dengan menggunakan rufus, karena untuk jaman sekarang ingin segalanya simpel, jadi DVD mulai ditinggalkan dan mulai menggunakan Bootable USB . Apasih bootable itu, secara singkat bootable adalah mengeset media penyimpanan kita diawal, supaya ketika menginstall, perangkat kita akan membaca media penyimpanan tersebut untuk pertama kali nya ( panjang bener yak, belum seberapa tau seoalnya yang penting gitu lah 😀 ) . nah ada software untuk membuat usb kita menjadi seperti diatas namanya RUFUS ( ga tau filosofinya apa kok namanya gini 😀 )

Dikutip dari beberapa sumber RUFUS adalah

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat bootable pada media USB flash drive adalah Rufus. Dengan ukuran yang sangat kecil (hanya 459 KB), aplikasi ini juga bersifat gratis (lisensi GNU GPL versi 3) danportable.

Rufus juga memiliki opsi FreeDOS, sehingga kita dapat menggunakannya untuk booting komputer dalam modus DOS (Disk Operating System). Modus DOS sangat bermanfaat terutama dalam melakukan proses upgrade BIOSyang membutuhkan DOS command prompt.

Berdasarkan website resmi pengembang Rufus, aplikasi Rufus mampu bekerja dua kali lebih cepat dibandingkan program sejenis seperti WiNToBootic v1.2, RMPrepUSB v2.1.638, UNetbootin v1.1.1.1, Universal USB Installer v1.8.7.5 atau Windows 7 USB/DVD Download Tool v1.0.30 ketika melakukan pembuatan USB bootableuntuk Windows 7 x64 menggunakan komputer prosesor Core 2 Duo, memori 4 GB, dan USB 3.0 controller serta 16 GB USB 3.0 ADATA S102 flash drive serta sistem operasi Windows 7 x64.

Rufus mendukung pembuatan bootable USB untuk banyak sistem operasi, antara lain Arch Linux, Archbang, BartPE/pebuilder, CentOS, Damn Small Linux, Fedora, FreeDOS, Gentoo, gNewSense, Hiren’s Boot CD, LiveXP,Knoppix, Kubuntu, Linux Mint, NT Password Registry Editor, OpenSUSE[/link], Parted Magic, Slackware, Tails, Trinity Rescue Kit, Ubuntu, Ultimate Boot CD, Windows XP (SP2 or later), Windows Server 2003 R2, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan yang lainnya.

Sumber: Gufron Rajo Kaciak: Membuat Media Instalasi USB Bootable Dengan Rufus: http://dosen.gufron.com/tutorial/membuat-media-instalasi-usb-bootable-dengan-rufus/6/

Nah sekarang cara menggunakannyanya :

1. Siapkan Alat dan bahan ( Masak kali :D) ,

-File iso yang akan diinstall misalnya Windows 10

-Flashdisk kalau bisa 8gb karena biasanya untuk instalasi OS data file isonya besar, tapi tergantung sih

-Tentunya file RUFUS nya

2. Install RUFUSnya dan Colok Flashdisknya

3. Rufus akan otomatis membaca flashdisk yang kamu punya

image host

4. Pastikan settingan kamu seperti diatas, New volume label terserah kamu namain apa

5. setelah itu centah tiga kolom dibawah

6. klik gambar cd disamping itu dan pilih disk image (img) kamu

7. maka RUFUS akan memproses nya

image host image host

Nah, gampang kan  ? kalau masih ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis dikolom komentar dibawah…

HudanAchmad

Jagalah semangatmu agar tetap ada, bersungguh-sungguh, jangan mudah menyerah, bergunalah bagi orang lain. tech addict, family addict, suka memotivasi diri sendiri dengan bicara sendiri, on progress "mempelajari setiap langkah kehidupan"

Post Comment