DxOMark 90, Layakkah Google Pixel (2016) di 2018 ?

Nilai DxOMark nya tinggi sih, tapi yang lainnya gimana ya ?


2 tahun sudah sejak keluar nilai DxOMark tertinggi yaitu pada Google Pixel pada nilai 90 , tapi itu tahun 2016 gimana pada tahun 2018 ini ? masih layakkah Google Pixel digunakan dengan keunggulan kameranya dan segala kekurangannya ?

Google Pixel (GPixel) ini sebenernya kalau menurut saya sih masih bisa bersaing dengan smartphone yang baru release tahun ini ataupun tahun depan, tapi dengan banyak sekali pengecualian. Meskipun Google Pixel ini adalah smartphone flagship pada jamannya tapi minusnya yang banyak dan kadang bikin jengkel penggunanya. Untuk kamera sih oke tertinggi tapi untuk yang lainnya kadang dibawah rata-rata smartphone mid-range. Saya sudah memakai GPixel ini kurang lebih 5 bulanan di tahun 2018, dan pertama saya beli karena memang saya tertarik dengan kameranya yang memang bagus, tanpa lihat komponen lainnya. Yah, sedikit terlena sih karena skor DxOMark. Sedikit pamer ya sedikit foto-foto dibawah ini karena memang kualitas kameranya diatas rata-rata dan TANPA EDIT 🙂

Puncak Penanggungan View

 

Kalau ini dilereng Gunung Penanggungan

Sekarang saya akan ulas beberapa kekurangan dari Google Pixel ini yang bisa untuk pertimbangan kalian ditahun 2018 ini.

 

1. Kerusakan Mic dan Audio Google Pixel

Nah Untuk yang masalah satu ini sudah pernah saya ulas sebelumnya, dan ingat ini adalah masalah yang paling umum dan paling vital di Google Pixel. Karena fungsi utama nya adalah untuk telepon, tapi ga bisa telpon ?. “kalau mic bisa diakalilah kan ada 3,5mm Jack”, eits inget temendekat itu pemahaman yang salah, kalau mic nya rusak itu semua fitur multimedia juga ga bisa digunain, nonton youtube, rekam video, liat playback video, pokoknya yang berhubungan dengan multimedia ga bisalah. Kalau masih kurang yakin coba cek di halamannya resmi diskusi Google Pixel. Disitu pasti kalian akan nemuin bahasan tentang ini, Tapi ini mungkin masih bisa diatasi coba cek artikel saya yang Referensi Bluetooth Receiver, Fix Google Pixel Mic . Tapi meskipun bisa diperbaiki kalian ga bakalan nyaman dengan minus itu dan pingin ganti smartphone lain.

 

2. Tiba Tiba Penyimpanan Internal Hilang Google Pixel

Ini juga paling jengekelin menurut saya pribadi, dan ini setelah saya cari diinternet beberapa hari setelah saya kehilangan semua data internal ( kecuali aplikasi loh ya, jadi aplikasinya masih ada cuma data lainnya hilang foto dll ) Tanpa Bekas. Saya juga ga begitu tau sebenernya ini masalah hardware apa software, dan kenapa saya bilang Tanpa Bekas ? karena semua datanya tiba tiba hilang termasuk data yang saya copy di laptop saya yang tersisa cuma foto di folder .thumbnails . Tanpa bekas beneran kan, nah tapi anehnya foto yang dihardisk saya ga hilang. Tapi yang di laptop dan di GPixel hilang. Ini bener bener jengkelin dah, mana semua foto foto penting disitu juga. Jadi mulai sekarang saya sudah mulai rajin backup via internet sampai pengganti GPixel ini ada hehe.



3. No Dual SIM Support dan GPixel 32GB yang KURANG PAS

Kalau ini sih juga dikeluhin sama pengguna saingan GPixel yaitu Apple, dan termasuk saya. Saya baru sadara setelah bekerja ternyata 2 nomor itu penting loh, selain untuk penghematan paket data hehe, juga untuk mobilitas ketika kita didaerah daerah desa desa yang hanya menjangkau sinyal beberapa provider. Dan sekarang saya lagi cari smartphone baru yang bisa dual sim dan kalau bisa bekas murah dan flagship, dan yang ga kalah penting bisa bagi pengalaman dengan temendekat semua. Trus, kalau menurut saya jangan ambil yang 32GB kalau seandainya kalian tertarik karena kameranya, karena penyimpanan segitu bakalan kurang nampung semua foto video, dan beberapa aplikasimu, karena satu kali jempret bisa 2-4mb.

 

4. Harga yang Bisa Disaingi Smartphone Sekarang

Untuk yang terahir kenapa saya tidak menyarankan kalian untuk membeli GPixel ditahun 2018 ini adalah sekarang sudah banyak pesaing GPixel yang sudah memiliki kemampuan yang menyamai bahkan diatasnya dengan harga yang bersaing. Misalnya nih saya mengambil referensi harga GPixel bekas di beberapa toko online, harganya berkisar 2,5 – 3,5 jt. Di range harga yang segitu dan nambahin dikit sih, kita masih bisa ambil misalnya HTC U11, LG G6, Oneplus 3, Xiaomi Mi Note 3, Samsung S7 Edge dll. dan kalau beruntung juga dapet Zenfone 5 yang masih baru rilis.

 

Jadi kalian bisa menentukan sendiri DxOMark 90, Layakkah Google Pixel (2016) di 2018 ? sementara itu dulu, sembari menikmati GPixel barangkali bisa nemuin “keunggulan yang tersembunyi” 🙂 hehe, Oiya kalau ada saran untuk SMARTPHONE yang punya harga bersaing dan tentunya masih bisa menyaingi GPixel ini tulis dikolom komentar ya :). I really appreciate it

Leave a Reply

Your email address will not be published.