Fix Mic Google Pixel dengan Fiio μBTR Review

“untuk support Google Pixel seharian sangat bisa, jadi bluetooth on kan terus dari pagi sampai malam”

   Sebelum ini temendekat sudah post beberapa rekomendasi bluetooth receiver (BR) yang tentunya mulai dari yang premium sampai yang biasa biasa aja Referensi Bluetooth Receiver, Fix Google Pixel Mic . Nah kali ini temendekat akan review salah satu dari beberapa list diatas yang ga terlalu mahal, ga terlalu murah, dan belum banyak yang mereview. Dari judulnya sudah taukan Fiio μBTR ( ini bacanya uBTR apa miuBTR temendekat belum tau juga ). Mungkin bagi beberapa orang yang awam tentang musik dan audio Fiio ini adalah salah satu produsen alat digital musik yang namanya lumayan tenar loh, Mulai DACnya, headphone, earphone, dan banyaklah. Maka dari dasar itu temendekat mereview Fiio μBTR ini. Untuk harga dari BR ini berkisar antara 500rb- 800rb an bergantung belinya dimana. Nah inilah hasil dari review temendekat :

Fiio μBTR

DESAIN

Box dari Fiio μBTR ini tergolong modern, “centelan” nya aja dari plastik dan ga gabung ke boxnya. Dibox nya kalian akan dapat Fiio μBTR, kabel Type C pendek, buku manual segebok, sama kartu garansi. Untuk tampilannya ssemua bodinya berwarna putih, didepannya terdapat plastik bening, dibawahnya terdapat logo NFC, led notifnya berada dibawah, logo Fiio-nya bersembunyi dibelakang, disamping kiri terdapat lubang mic, tombol on off dan volume.  Jadi kalau menurut temendekat sudah terlihat premium lah untuk kisaran harga segitu. Tapi tentunya tampilan yang premium dengan harga segitu harus mengkorbankan beberapa komponen, seperti clipnya yang rawan patah karena terbuat dari plastik, tombolnya yang kurang “clicky”, plastik depannya yang gampang banget baret dan kotor karena sidik jadi kita. Tapi overall bagus dan ga terlihat murahan.

 

FITUR

Untuk fitur utamanya tentunya adalah bluetooth reciever-nya. Untuk tambahannya adalah NFC  Berdasarkan informasi dari Google aptX ini adalah teknologi yang dikembangkan oleh produsen chip ternama Qualcomm. Teknologi ini membuat transfer data audio menjadi lebih baik, hampir menyamai pada perangkat yang memakai kabel meskipun tidak sama persis, karena memang dengan memakai kabel kualitas audio yang dihasilkan lebih baik. aptX adalah sebuah algorima audio codec yang memiliki kompresi berbeda dengan audio codec pada umumnya, yaitu dengan mengurangi bitrate secara efisien untuk menghasilkan kualitas audio yang baik.

Fiio μBTR

REVIEW

Untuk performa disini karena saya ga begitu ahli dalam dunia per”audio”an , saya akan membandingkan antara yang memakai kabel dan memakai bluetooth receiver. temendekat kali ini menggunakan headset dari ELI Sabia V6 with mic dan LG G2. Untuk fiturnya pairing bluetooth nya bisa dua jalur, yaitu dengan via NFC dan manual pairing, dua duana lancar tanpa kendala, bisa pairing maksimal 2 unit perangkat, jaraknya sekitar 10meter. Tombol on off dan volume nya kurang “Clicky“, tapi respon volume up dan down responsif. Untuk daya tahan baterai, untuk sehari full on masih bisa untuk hari berikutnya (belum pernah coba sampai habis) , tergantung pemakaian. Tapi untuk support Google Pixel seharian masih bisa kok, jadi bluetooth on kan terus dari pagi sampai malam. Kualitas suaranya ketika memakai kabel suaranya memang terasa lebih baik, bass nya rasanya masih jeduk jeduk, untuk vokalnya juga rasanya jernih jelas. Setelah setting bluetooth di Fiio μBTR ini bass nya sudah ga begitu terasa, vokalnya juga kaya pudar gitu, tapi untuk sehari hari telpon sudah terlalu layak, yang pentingkan bisa kirim suara dan terima suara dari Google Pixel, hehe.



KESIMPULAN

Untuk harga sekitar 500rb an sudah layaklah dengan yang didapat dari Fix Mic Google Pixel dengan Fiio μBTR Review ini. Kalau menurut temendekat sih yang penting daya tahan baterai lama, karena untuk support Google Pixel kan ?. Untuk kualitas suara juga bagus, desainnya apalagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.