Jangan Buang Chargermu, Buka, dan Perbaiki

         Masih sayangkan sama casmu? apalagi casmu original?. Sama, saya dulu juga begitu. Mau beli cas baru, tapi mau beli yang original langsung aja biar awet baterainya, tapi juga harga cas originalnya itu mahal. Saya dulu pernah tanya di Apple Store tentang harga kepala casnya, harganya 300rb belum sama kabelnya, ya terpaksa untuk beli yang kw. Sewaktu hp saya ganti Android dan casnya rusak saya coba untuk buka dalamnya, barangkali bisa di perbaiki sendiri, dan semenjak itu setiap cas saya rusak, saya coba perbaiki cas hp sendiri sebelum beli cas baru. Saya sudah pernah coba membuka cas HTC, LG, dan tentunya yang Abal-Abal. Hasilnya juga lumayan, saya tau beberapa kerusakan umum yang biasa terjadi di cas hp, dan akan dibahas pada artikel ini. Nah sebelum masuk kemasalahnya, perlu kalian tau kalau kebanyakan cas itu ga ada baut. Trus kalau ga ada baut ga bisa dibuka dong ?, ya bisa dibilang begitu karena charger itu sekali pakai, kalau rusak yauda ganti baru. Tapi ada beberapa cas itu yang bisa dibuka ( paksa ), tinggal cari celahnya trus dicongkel, karena mekanismenya cuma pake clip, jadi tinggal tarik aja. Tapi kadang juga ada yang harus digeraji untuk buka charger hehe. Berikut ini adalah masalah yang pernah saya temui ketika saya memperbaiki charger.

Komponen Charger

Antara PCB dan Steker Tidak Tersambung

       Masalah ini sering aku dapetin, jadi kalau kalian berani buka chargernya, kalian bakalan nemuin ada kaya garpu yang menjepit kaki steker. Garpu inilah yang mengubungin antara steker dan PCB, jadi kalau ini ga nyambung pastinya ga bakalan ada listrik yang masuk ke PCB dan ke HP mu. Cara mengetahui kalau garpunya yang rusak ya pakai Testpen, kalau ga gitu emang garpunya keliatan ga gigit ke kaki steker. Solusinya ya tinggal kamu garpu itu kamu kencengin lagi pakai tang. Kalau masih belum bisa coba cek cara kedua.

Penghubung Steker dan PCB Charger

Socket PCB Charger

Solderan Socket USB Lepas

      Ini adalah masalah yang sering aku dapetin, sudah 3 kali aku kena masalah ini. Biasanya solder USB ga nyambung ke PCB Chargernya, cirinya waktu kalian ngecas trus coba goyangin kabel USB pas dicharger, dan pada posisi tertentu kadang dia nyambung dan kadang dia enggak. Solusinya ya tinggal kamu coba goyangin socket USBnya dan liat ada solderan yang lepas dari PCB enggak ketika kalian goyangin Socket USB nya, dan solder lagi deh socketnya, Beres.

Re-Solder Port USB

Ada Komponen Rusak

      Nah, untuk yang ini kalian ga bisa perbaiki ( mungkin ), soalnya yang rusak adalah hardwarenya. Yang pernah saya temui adalah tembaga trafo putus, mungkin karena memang jatuh. kalau kalian expert dibidang elektronika sih mungkin kalian bakalan coba kanibal komponen charger-nya. tapi hati-hati ya, soalnya saya dulu pernah cuma coba ganti part, trus pas dicoba keluar asapnya. Mulai dari ini saya ga berani untuk kanibal part.

Diatas adalah acara terahir, kalau udah ga bisa yauda buang aja, daripada menuh-menuhin barang dirumah. Kalau mau bikin Museum Charger mu sih juga gapapa, kayaknya juga ide bagus, hehe. Kalau udah rusak yauda beli baru aja. Lain waktu saya akan share untuk Tipsnya Beli Charger yang Murah, Tahan Lama dan Arusnya Tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.