Perjalanan di PT. Pamapersada Nusantara #1

         Assalamualaikum wr.wb, selamat pagi/siang/malam, bagi kalian yang baru saja lulus dari perguruan tinggi, sudah punya gelar di akhir namamu, dan mungkin sedang menyandang gelar tanpa ijasah Jobseekers, mungkin akan segera mencari pekerjaan karena ingin segera merasakan dunia kerja dan ingin menikmati yang namanya Gajian. Ya itu juga pernah saya rasakan setelah lulus dari kuliah, perkenalkan nama saya Hudan Achmad Kurniawan, saya adalah seorang pencari kerja yang lulus dari perguruan tinggi di jurusan teknik mesin Universitas Negeri Surabaya (UNESA) pada tahun 2017. Saya masih seperti mahasiswa yang baru lulus pada umumnya, ingin segera kerja di perusahaan yang besar dan bonafit, yang bisa menunjang saya hingga masa tua. Banyak sebenarnya perusahaan yang saya lamar, mulai dari yang besar hingga yang mungkin tidak begitu diperhitungkan (menurut saya). Tapi kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman saya melamar kerja diperusahaan tambang batu bara yang katanya memiliki market share paling tinggi di Indonesia yaitu PT. Pamapersada Nusantara.

Kendaraan PT. Pamapersada Nusantara

https://wahyuwildan.files.wordpress.com

         Kebanyakan mahasiswa lulusan teknik pasti sudah tau PAMA, saya tidak akan membahas banyak tentang apa itu PAMA, kalian bisa nemuin di Google, atau Forum Kaskus yang membahas tentang perusahaan ini. Saya akan men-share pengalaman, memberikan tips dan trik, sedikit Walkthrough Interview PAMA, dan mungkin sedikit curhat hehe, ketika saya mengikuti seleksi di PAMA.

         Hari itu hari sabtu kalau ga salah, ada seminar dari PAMA di Universitas saya, ya tentunya banyak yang ikut karena selain seminar PAMA juga membuka lowongan untuk bisa menjadi keluarga besar PAMA. Untuk lowongannya waktu itu hanya untuk pelamar yang akan ditempatkan di tambangnya tambangnya (di-site nya), untuk lowongan spesifik apa saja saya kurang jelas, yang saya ingat cuma satu, cuma yang saya lamar yaitu PRGL (Production Group Leader) dan jobdesknya untuk mengatur jumlah produksi di site (kalau ga salah sih). Jadi untuk proses menaruh lamarannya kita diberi kertas yang isinya tentang identias diri, motivasi diri, dan posisi apa yang dilamar, seandainya lolos, sebelum hari Senin akan di sms untuk mengikuti proses psikotest. Oiya, jadi waktu seminar di beritahu untuk berhati-hati terhadap penipuan yang mengatas nama kan PT.PAMA untuk mengikuti tes dijakarta dengan jasa travel yang telah di tentukan, coba aja cari di Google pasti sudah banyak yang bahas.

Kendaraan PT. Pamapersada Nusantara

http://www.flokloker.com/2017/01/loker-bulan-februari-2017-lowongan.html

         Bulan September, hari minggu siang saya dapat sms dari PAMA untuk mengikuti psikotest pada hari senin di LPPM UNESA, Sebagai mahasiswa yang baru lulus, panggilan untuk mengikuti psikotest saja rasanya sudah seperti diterima. Setelah saya tanya ketemen-temen ternyata mereka juga dapat, tapi mungkin hampir semua anak perempuan ga dapat panggilan, ya maklum karena memang medannya untuk kerja di-site berat, bahkan teman saya laki-laki yang namanya mirip perempuan juga ga dapat sms (mungkin dilihat dari namanya). Hari Senin sebelum jam 8 saya udah ada ditempat, untuk mempersiakan pensil penghapus bulpen dan pastinya memilih tempat duduk yang pas. Untuk berkas-berkas yang dikumpulan sama seperti biasa CV, Foto, Ijasah (saya waktu itu masih memakai Surat Keterangan Lulus), dll. Materi tesnya seperti tes psikotest pada umumnya, kalian bisa cari di Goolge apa aja materi yang di teskan, saya lupa pastinya, yang saya ingat waktu itu cuma tes gambar 8 kotak itu, tes kepribadian dan tes koran/Pauli. Ukuran kertasnya A3, bolak balik. Saya ingat waktu itu saya ngerjainnya kurang sekitar 6-8 baris kalau ga salah, dan sudah ada temen temen yang nambah lembar. Psikotest selesai sekitar pukul 11.30 an Pengumuman siapa saya yang lolos akan diumumkan hari itu juga jam 13.00 dipintu depan, dan akan dilanjutkan untuk interview dengan psikolog.

Kendaraan PT. Pamapersada Nusantara

https://www.facebook.com/BatuBaraPamapersada/

       Senggang waktu saya gunakan untuk sholat, makan, dan istirahat, jadi seandainya lolos saya benar-benar siap untuk diinterview. Saya sampe sana sekitar jam 1 lebih, dan saya diberitau temendekat yang sudah sampai sana duluan kalau saya lolos, dan rasanya kurang pas kalau saya tidak melihat sendiri kalau saya lolos. Setelah saya lihat, Alhamdulillah saya lolos untuk  psikotest. ya seperti yang sudah saya beritau sebelumnya, bagi saya yang baru akan memasuki dunia kerja, lolos saja sudah seperti diterima. Bagi nama yang lolos akan diberitau untuk mengisi beberapa soal, tentang kepribadian, untuk soal ini tidak akan berpengaruh terhadap tes sebelumnya, jadi ya sekedar mengisi yang sesuai dengan kepribadianmu sendiri. Setelah saya mengisi, saya diberitau kalau untuk nomer sekian – sampai sekian akan dilakukan besok, termasuk saya. Alhamdulillah saya masih diberi waktu untuk mempersiapkan apa saja yang akan ditanyakan, dan yang akan saya ceritakan ketika ditanya oleh psikolog.

Leave a Reply

Your email address will not be published.