Review Bodypack Prodiger Brakeless 1.0

Review Bodypack Prodiger Brakeless 1.0

Awalnya aku pingin banget punya tas kamera, tapi yang harganya cocok dikantong dan gampang dibawa kemana-mana. Selain bisa dipakai untuk bawa kamera juga bisa dipakai untuk kegiatan sehari-hari, bawa buku, bawa laptop, bawa kerjaan dll. Untuk range harganya ya dikisaran 500rb, biar ga terlalu mahal. Setelah browsing, dapat 2 pilihan yaitu Quarzel Kalimaya dan Bodypack Prodiger Brakeless 1.0 diantara 2 pilihan itu saya pilih bodypack, kenapa ? berikut reviewnya.

DESAIN & FITUR

Bodypack Prodiger Brakeless ini adalah tas yang digunakan untuk temendekat yang suka pakai sepeda dan motret, namanya aja brakeless dan di iklannya diyoutube juga dipakai untuk gowes. Desainnya minimalis disisi depan, bentuknya kokoh kotak, jadi meskipun ga ada isinya tasnya masih keliatan gede. Untuk bahan sisi luarnya yang digunakan polyester dan sisi dalamnya nylon (kayaknya).  Disisi depan ada 3 kompartemen, ada bagian yang untuk “kretekan” (velcro) untuk tempel tempel sesuatu, dan ada tali untuk ngiket sesuatu (webbing). 

Disisi kiri ada quick access untuk ambil kamera dan kompartemen laptop 14″, disisi kanan ada saku untuk kaki tripod sekalian dengan talinya. Untuk disisi kanan ini “saku” ya, jangan dipaksain masukin botol minuman karena sakunya ini ga melar dan kalau mau bawa minum cari aja botol yang agak tipis dan kecil.Sisi belakangnya ada busa biar punggung ga terlalu capek sama ada penguncinya. dibagian atas ada 2 handle, ini berguna untuk kita kalau misalnya mau jinjing ini tas, jadi ga terlalu lari kedepan atau kebelakang , dan tetap lurus.  Mode jinjing ini berguna banget untuk pindah-pindahin tasnya.

 

Untuk kompartemen utamanya ada dibagian atas dan tembus sampai kebawah kebagian kameranya, untuk kompartemen utamanya ini bisa dibagi jadi 2 dipisah pakai “slerekan”. kalau misalnya dipisah sisi bagian bawah yaitu kameranya jadi lebih besar. Disisi atas ada sub kompartemen, tepatnya disisi samping dan atas. Ini sebenarnya juga quick access untuk tempat dompet, smartphone, dan dokumen penting untuk checkin pesawat. Untuk kompartemen bawahnya dibuka lewat quick access dikiri tas, dan bisa untuk full untuk kelengkapan kamera termasuk untuk slot SD Card, dan pastinya dilengkapi detachable separator velcro. Jadi kalau kita bisa lebih leluasa untuk custom peletakkan dalam quick accessnya.  Dari website resminya kapasitas tas ini adalah 21L. Cukuplah untuk kamera dan perlengkapan lainnya. 

CONTRA

 Ada salah satu minus menurutku yang bisa jadi karena defect dari desainnya, yaitu sekat diantara kompartemen atas dan bawah, dibagian separatornya ada lubang yang seperti tidak mungkin dijahit, karena bersilangan dengan material lain. mungkin diawal enggak begitu berpengaruh ya, tapi kalau kompartemen atas selalu diisi berat, jadi semakin lama semakin jebol itu tasnya. Apalagi buat temendekat yang sukanya asal cabut velro separatornya, bisa ketarik dan sobek. Nah kalau kalian beli baru dan nemuin defect ini segera garansikan untuk ganti baru. Untuk cara klaim garansinya nanti aku buat artikel tersendiri. Satu lagi kalau bisa dapetin product yang tahun produksi 2020, karena warnanya lebih hitam dan lebih bagus, meski produknya masih baru pakai tapi tahun produksinya 2018 maka warna hitamnya sedikit pudar dan busanya sudah sedikit tidak mengembang.

KEAMANAN

Hampir semua komponen kamera yang temendekat punya pasti mahal kan ? dan ga mungkin beli tas juga yang keamananya enggak terjamin, di Brakeless 1.0 ini punya keamanan yang lumayan, disisi kompartemen kamera sudah ada buckle di sisi atas dan bawah, ini berguna supaya ketika kita membuat quick accessnya hanya terbuka sisi samping saja tanpa terbuka sisi depan biar ga jatuh semua, untuk resletingnya juga sudah ada dua jadi bisa digembok. Busa yang disediakan juga ga nanggung, ada semua disisinya termasuk dibawah dan diatas. Dikompartemen atas juga aman ada dua resleting, khusus untuk kompartemen laptop hanya ada satu resleting tapi sudah ada “anchor”nya untuk digembokkan sekalian dengan resleting kompartemen atas. 

Brakeless 1.0 ini tidak anti air, diwebsite resminya juga tidak mencantumkan anti air. dan tidak ada kompartemen khusus untuk simpan jas hujan tas. Jadi kalian harus beli terpisah untuk jas anti airnya. Meski jas hujan anti airnya terpisah, jas hujannya masih bisa terpasang baik di tas ini karena terbantu dengan bentuknya yang kotak. 

KENYAMANAN

Tas kamera ini sudah aku pakai sekitar 6 bulan, dan selama 6 bulan itu sudah saya pakai keluar kota, untuk kerja, traveling, atau sekedar wisata. Biasanya kalau keluar kota kompartemen atas aku isi pakaian, mungkin hanya 1/2 pasang saja, alat tulis, dompet dan headphone, baju berkerah saya letakkan di kompartemen laptop dan lainnya masuk ke kompartemen bawah. Kamera yang saya punya kebetulan lumix GX85 dan lensa kit dan manual, saya letakkan di quickaccess supaya bisa gercep.

Untuk digunakan dalam jangka waktu lama sedikit terasa capek, selain karena bawaannya berat juga busa di pundaknya agak terasa enggak nyaman. Bukan karena busanya tipis ya, cuma sedikit enggak nyaman aja. Untuk ukuran badan saya yang kurus, tas ini saya letakkan sedikit kebawah punggung supaya ga longgar di punggung. Untuk busa dipunggungnya juga aku rasa kurang sesuai, aku lebih suka model yang full dan tebal daripada yang dipotong-potong seperti ini, karena kalau full lebih terasa menempel semuanya di punggung.

Screenshot_2

Dokumen kantor ditaruh mana ? jadi untuk dokumen yang ukurannya panjang ( mis. ukuran A4 ) saya atur sekalian di kompartemen laptop, tapi saya isi di map dan isinya ga sampai 10 lembar. Mungkin tidak disarankan tas ini buat kalian yang suka mondar mandir dan bawa dokumen dokumen penting kantor, karena kalau kompartemen utama dipisah kalian ga ada ruang lagi untuk taruh dokumen dokumen penting itu.

HARGA

Nah untuk harga saya beli saat itu 600rb sudah plus ongkir dari harga normal 850rb. Tapi ketika aku tulis artikel ini harganya ada diskon 50%, jadi hanya tinggal Rp. 424.500 , lumayan loh diskonnya itu separuh harga. Untuk diskonnya ini sudah saya cek hanya tersedia di web resminya bodypack, langsung aja ke temendekat klik linknya disini no tipu tipu ( eigerindostore.com ).

KESIMPULAN

Sebenernya tas ini sudah cocok untuk temendekat yang lagi cari tas kamera dengan harga kisaran 500rb. Sudah dapat fitur quickaccess dan sekat busa yang bisa di custom, apalagi dengan harga diskon malah rekomended banget. Cuma ada beberapa faktor diatas yang kalian harus perhatikan, yaitu tas ini tidak cocok untuk kalian yang kerja kantoran dan bawa dokumen seabrek dan sambil nyambi motret. Tapi kalau kalian hobi motret dan ga bawa dokumen banyak cocok banget, jadi ngantor sambil buat konten.

Score
  • Desain dan Fitur7.0
  • Keamanan7.0
  • Kenyamanan7.5
  • Harga ( dengan Diskon )9.0
  • Rekomendasi7.0

Overall menurut temendekat sesuailah dengan harga segitu sudah dapat beberapa fitur dalam tas ini, hanya saja mungkin ada beberapa desain yang kurang sip yang dapat buat tas ini cepat rusak terutama separator dibagian tengah

7.5Overall Score
HudanAchmad

Jagalah semangatmu agar tetap ada, bersungguh-sungguh, jangan mudah menyerah, bergunalah bagi orang lain. tech addict, family addict, suka memotivasi diri sendiri dengan bicara sendiri, on progress "mempelajari setiap langkah kehidupan"

Post Comment