Surabaya – Jakarta, Pamapersada #4

Surabaya – Jakarta, Pamapersada #4

       Belum berangkat, tapi udah ngerasa ke Jakarta jauh banget. Gapapalah biar pernah pergi jauh. Saya berangkat dari stasiun Pasar Turi Surabaya jam 20.00, itu pake tiket ekskutif Argo Bromo Anggrek, kenapa ? karena saya baru pulang kerja jam 4 sore. Saya cuma bawa 2 baju, baju untuk berangkat pas malem, sama baju pas wawancara, sandal, sepatu, alat mandi, pokoknya kalau bisa bawa barang seminim mungkin, karena cuma One Day Trip. Jangan lupa bawa keperluan interview dan reimburse, FC KTP, FC Rekening, dan Tiket asli . Sebelum naik kereta jangan lupa beli cemilan buat dikereta, makanan dikereta lumayan mahal soalnya, jangan juga beli cemilan di minimarket stasiun, harganya juga mahal. mendingan beli diluar stasiun atau beli dideket rumah. Sehari sebelum berangkat saya sempat tanya mantan orang yang kerja di PAMA, tentang bagaimana interview user itu, tips dan triknya, dan banyak. Posisi yang saya lamar adalah PRGL (Production Group Leader),  “dibagian produksi, kalau user biasanya ditanya mau kerja dihutan, trus dikasih tau aja medannya disana seperti apa, apa kamu sanggup, karena kerja ditambang ga perlu pintar-pintar banget, yang penting mau kerja di target, trus kerja dibawah tekanan, serta team worknya aja, kalau ga ada masalah insya allah lulus aja, yang berat cuma kerja shift jelas”, Begitu beliau komunikasi dengan saya via WA. Tapi, kata kata yang terahir membuat saya sedikit ragu, “kalau dipikir-pikir duitnya ga banyak banyak amat kok, mending cari Pertamina atau PLN”. Ini yang membuat saya sedikit ragu untuk berangkat, nah tapi saya sudah beli tiket ? mau bagaimana lagi?, seperti yang saya katakan sebelumnya di Perubahan Jadwal, Pamapersada , saya masih muda dan masih banyak waktu, seandainya tidak lolos, paling tidak saya sudah pernah mencoba”. Hal itu yang membuat saya sedikit yakin untuk berangkat. Tiket yang saya beli adalah tiket Ekskutif Surabaya Pasar Turi  – Jakarta Jatinegara ( Argo Bromo Anggrek Malam ), dan pulangnya Bisnis Jakarta Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi ( Gumarang ).

       Akhirnya saya berangkat Surabaya -Jakarta, Pamapersada , jam 20.00. Saya usahakan untuk bisa tidur dikereta, karena wawancara jam 08.00 pagi, karena tiket saya eksektuif sedikit membuat saya bisa tidur, tempat duduknya bisa di buat mode kaya dimobil walaupun tidak senyaman dimobil, AC-nya dingin banget jadi saya harus pakai kaos kaki. Sampai Jatinegara saya jam 05.00, sholat subuh, dan tidur sebentar di musola. Sekitar jam 06.00 saya keluar stasiun, langsung di sambut ada penangkapan copet pas didepan pintu keluar, hm Jakarta. Didepan stasiun ada kamar mandi umum, bayar Rp. 3000 untuk mandi, tidak begitu tergesa-gesa karena waktu interview juga masih lumayan lama. Naik Grab dari Jatinegara ke daerah Pulo Gadung sekitar Rp. 18.000 tapi itu berlaku pas pagi, soalnya kalau siang macet dan biayanya bertambah.

         Sampai Pamapersada sebelum jam 08.00, sampai di pos pengamanan disuruh absen dan diberi tanda pengenal visitor, tapi disuruh sarapan dulu didepan ada warung, karena memang belum jam 8 jadi saya sarapan dulu, lumayan lah teh hangat dan sayur bening. Saya kembali dan saya disuruh langsung masuk lobby dan di resepsionis saya ditanya interview dengan siapa, jamberapa, dan disuruh absen lagi. Nunggu bentar, lalu diantar petugas untuk menemui  mr. X (saya lupa namanya soalnya).

      Sebenarnya Interview User nya ga begitu sulit sih, Clue-nya hal yang kamu bahas pertama akan dibahas terus sampai interviewer nya puas dengan jawabanmu, jadi yang saya bahas pertama adalah tentang project saya, dan dibahas terus sampai kedalam dalamnya, yang penting kamu menguasai yang akan kamu bahas, seandainya kamu bahas skripsi kamu juga harus benar-benar menguasinya kayak rumus dll. Oiya, Waktu itu saya ditanya tentang Perpindahan Panas, yang konveksi, konduksi, dan radiasi, dan rumus-rumusnya, dan sebenarnya user disini cuma ingin melihat pola pikirmu saja, soalnya beliau ngomong langsung kesaya. Pertanyaannya juga ga tegang terus kok, kadang bertanya, “punya instagram ? apa yang kamu post?”, “punya facebook ? sering update status ? atau cuma silent reader ? “. yang penting santai dan ga usah begitu tegang. Interviewnya lumayan lama, sekitar 30 menitan.

       Selesai, keluar ruangan, dan jangan lupa ke resepsionis. karena disitu kalian nanti bisa reimburse uang untuk transport. jadi persyaratannya sudah saya jelaskan diatas FC KTP, FC buku rekening, dan bukti tiket asli, nah sebenarnya persyaratannya itu tiket asli, bukan print out ATM pembayaran. Cuma waktu itu karena tiket pulangnya saya belum ngeprint, jadi yang saya berikan cuma Print Out ATM Pulang dan Pergi, dan tiket Asli Pergi ke Jakarta ( Ekskutif ) , Kata petugasnya cukup. Sebernarnya saya cukup was-was karena saya tidak berikan “kurang sesuai”.  Tapi yasudahlah, saya keluar dari Pamapersada dengan hati plong, Interview sudah selesai, sekarang waktunya untuk pulang kerumah. Saya keluar dari PAMA sekitar jam 10.00 yang sedikit lama itu tanya tanya tentang reimburse. Perjalanan dari PAMA Pulo Gadung ke Stasiun Pasar Senen sekitar 20-25 Menit karena jam jam segitu lagi macet macetnya, biayanya dengan Grab sekitar Rp. 18.000, dan sampai stasiun saya ambil tiket dan cari tempat untuk santai, karena Gumarang berangkat jam 16.00. Perjalanan Surabaya – Jakarta, Pamapersada selesai, saya sampai Surabaya jam 03.00 pagi, dan langsung pulang, karena hari itu saya langsung masuk kerja. sampai rumah bener bener plong sudah tidak ada yang dipikirkan lagi. Tinggal menunggu Panggilan Interview Direksi Pamapersada.

 

 

HudanAchmad

Jagalah semangatmu agar tetap ada, bersungguh-sungguh, jangan mudah menyerah, bergunalah bagi orang lain. tech addict, family addict, suka memotivasi diri sendiri dengan bicara sendiri, on progress "mempelajari setiap langkah kehidupan"

Post Comment