Walktrough to Pamapersada

Walktrough to Pamapersada

     Pertama, saya ucapin terimakasih udah mampir ke temendekat. Artikel ini adalah lanjutan dari artikel saya Interview Direksi Pamapersada #6 dan mungkin yang terahir untuk cerita saya di Pamapersada. Di artikel ini saya akan kasih gimana caranya menghemat waktu, uang, dan tentunya untuk lolos seleksi, tapi hanya sampai interview direksi saja berdasarkan pengalaman dan opini saya. Kalau bisa lebih dulu baca artikel saya mulai dari seri 1-6 biar lebih tau detailnya, oke langsung saja ke tipsnya.

1. Bertanyalah Sedetail-detailnya

     Ketika pertama di telpon dari Pamapersada, perasaannya pasti langsung seneng campur binggung. Jadi cobalah tenang, setiap ditelpon cobalah bertanya sampe detail-detailnya. Kenapa ? Pertama, biar kalian ga binggung nanti disana mau ngapain-mau naik apa, dan tentunya ga ada barang yang ketinggalan. Kedua, biaya telpon ke Jakarta itu lumayan loh (bagi saya), apalagi pas nanya nya separo separo, dikit dikit telpon karena lupa ada yang ditanyain. Jadi mumpung Pamapersadanya yang telpon kalian tanya sebanyak banyaknya kalau perlu ga usah telpon lagi.

     Bertanya sedetail detailnya ? trus yang ditanyain apa aja ?, Kalau saya kemarin tanya, menemui siapa, jam berapa, HOnya dimana, stasiun atau bandara terdekatnya dimana, interviewnya bawa apa aja, pakaiannya yang dipakai apa, batas uang yang dapat direimburse berapa, syarat reimburse apa aja fotokopi apa asli, kira kira sampai Jam berapa, dan masih banyak lagi, kalau ga tau langsung tanya aja biar ga nyesel nantinya.

2. Tidak Tergesa-gesa

     Kalau kalian baca dari artikel Pamapersada saya dari 1-6, kalian bakalan nemuin penggantian jadwal di panggilan interview user ataupun direksi. Makanya itu kalau saran saya, setelah kalian dapat telpon dan sudah tanya detailnya, tarik nafas bentar, dipikir kalau misalnya kerja dikalimantan apa ya mau jauh dari siapa-siapa dll. Sambil mikir sambil ngecek tinggal berapa kursi kereta yang ada (karena saya pakai kereta), kalau masih kerja ya gimana caranya mbolosnya cuma sehari, dipikir dulu, kalau perlu ditulis opsi pilihannya apa aja. Berdasarkan pengalaman saya yang selalu ganti jadwal, jadi saya sarankan beli tiketnya H-2 atau H-1, jadi ga perlu ganti tiket, tapi kalau tiket keretanya udah mau penuh yauda gambling, booking aja.

3. Pelajari Setiap Stage Interview

      Setiap jenis interview beda cara melewatinya, kalian bisa browsing diinternet interview user yang ditanyain apa aja, direksi juga apa aja, atau kalian bisa baca di artikel sebelum ini. Kalau bisa bawalah hasil project ketika waktu kuliah ataupun sesuatu yang bisa ditunjukkan ke interviewer, Pelajari posisi apa yang akan kamu lamar, karena biasanya kalian bakalan ditanyai tentang itu, carilah referensi sebenernya Pamapersada itu perusahaan seperti apa, latar belakangnya gimana, dll.

4. Cek Persyaratan Interview dan Reimburse

     Nah, ini yang terpenting bagi saya, persyaratan untuk interview. Ketika interview user saya sudah bawa semua, ijasah, transkrip, kk ,ktp, fotokopi asli, pokoknya lengkap barangkali ditanya. Padahal dari telpon ketika sebelum saya berangkat udah diberitau cuma bawa persyaratan untuk reimburse aja, ya alhasil percuma bawa berat-berat karena ijasah, kk, dll ga kepakai sama sekali. Akhirnya ketika saya interview direksi, yang saya bawa sesuai sama yang diberitau bagian hrdnya. kaya CV, surat lamaran dll.

     Reimburse itu pengembalian uangmu, jadi setelah kamu interview nanti kamu akan ke bagian recepsionis lagi untuk melengkapi persyaratan reimburse, setelah persyaratanmu lengkap, kamu kumpulin, udah tinggal nunggu uangmu cair di nomer rekeningmu. Ada sedikit tips ketika kalian melengkapi persyaratan untuk reimburse,  kalian akan ngumpulin, fotokopi buku rekening, fotokopi kartu pengenal KTP/SIM, dan Tiket ASLI yang digunakan untuk Pulang dan Pergi. Loh ? Pulangnya juga ? kan tiket pulangnya belum dicetak lagian mau dipakai, masa dikumpulin. Solusi yang ditawari dari Pamapersada adalah setelah kalian sampe rumah kalian kirim itu persyaratannya ke alamat Head Office nya pama di Pulogadung, kalau udah selesai  tinggal nunggu deh cair, tapi ada solusi lainnya

     Solusi pertama dari saya, jadi ketika beli tiket kalau bisa beli tiket yang keluar struk harganya, kayak pembayarannya di ATM. di ATM nanti akan keluar jadwal keberangkatan dan nominal harga tiketnya, dan tentunya kamu udah punya struk asli pulang dan pergi, jadi bisa buat bukti untuk reimburse tanpa kalian harus ngirim-ngirim dokumen yang ga tau nyampe ke bagian reimburse ga. Walaupun begitu pertama-tama saya kawatir kalau duit nya ga bakalan balik, soalnya syarat yang utamanya memang harus tiket ASLI.

     Solusi kedua ini agak sedikit ngeri menurutku, hehe. Jadi gini misalnya kalian ga punya STRUK aslinya dari proses pembayaran tiket, trus gimana dong apa saya harus ngirim dokumen + TIKET asli setelah pulang ?, jawabannya ga usah. Kalian bisa ngakalin dengan sedikit keberanian, jadi kalian pilih stasiun keberangkatan dan kedatangan dari tempat asal ke Jakarta yang sama, misalnya saya berangkat dari Pasarturi-Pasarsenen, jadi nanti saya pulangnya juga dari Pasarsenen-Pasarturi. Kenapa ? biar kalian bisa ngeprint tiket pulang lebih dulu (karena tiket itu bisa di print di stasiun keberangkatan), trus tiket pulang yang asli itu kalian serahin ke Pamapersada. Loh trus saya ga bisa pulang dong ? Bisa jadi nanti setelah kalian sampe ke stasiun Pasarsenen bilang aja ke petugas tiket saya hilang gitu. MUNGKIN nanti di ganti yang baru, soalnyakan memang tiket kita, nama di tiketnya pun sama dengan KTP, dan kita ga pake nama lain. Cara ini baru kepikiran pas saya pulang interview Direksi jadi kalau temendekat sudah coba cara ini tulis aja di kolom komentar .

5. Perkiraan Biaya yang Dibutuhkan

Berikut ini adalah perkiraan biaya yang saya gunakan untuk perjalanan PP Pamapersada ( Jakarta ) – Rumah ( Sidoarjo ) :

  1. Tiket Pergi Argo Bromo Anggrek ( Ekskutif )     Rp. 320.000
  2. Tiket Pulang Gumarang ( Bisnis )                        Rp. 310.000
  3. Bensin Rumah ke Ps Turi PP                                Rp. 10.000
  4. Biaya Parkir Nginep Sepeda Motor                     Rp. 25.000
  5. Ongkos Ojol ke Pulo Gadung ( Pamapersada ) Rp. 18.000
  6. Ongkos Sarapan Pagi + Jajan                               Rp. 50.000
  7. Ongkos Ojol ke Pasar Senen                                Rp. 18.000
  8. Jadi total                                                                   Rp. 751.000

Perkiraan biaya diatas adalah perkiraan saya, karena saya pernah dapat tiket Argo Bromo Anggrek sekitar 450.000, jadi ya pasti nambah. tapi kurang lebihnya ya segitu lah, hehe

6. Pertimbangan Waktu Reimburse

    Kenapa ? karena mungkin kalau mahasiswa yang baru lulus untuk masalah keuangan ya agak sulit , apalagi untuk sekitar 700 ribu untuk 2 hari. Seandainya ingin memaksakan berangkat ya pinjem uang dulu ke temen atau keluarga, nanti setelah uang reimbursenya cair baru dikembalikan. Nah, masalahnya kapan uang reimbursenya cair, pertama kali dulu saya pikir uang reimbursenya cair pas kita kasih dokumen ke resepsionis, tapi ternyata enggak.

     Jadi ternyata ketika kalian kasih dokumen ke resepsionis data kalian akan di urus oleh bagian HRD , setelah di HRD baru ke bagian pembayaran , ini waktunya paling lama 1 bulan. setelah itu kalian tinggal nunggu deh waktu menunggu di transfernya kalau ga salah paling lama 2 bulan, soalnya mereka juga ngumpulin dulu dokumen siapa-siapa yang di reimburse, nah setelah banyak baru deh bareng bareng uangnya di transfer ke rekening masing masing. Jadi seandainya kalian mau pinjem uang, pastikan orang yang minjemin uang itu ga begitu butuh uangnya untuk 3-4 bulan kedepan, untuk jaga jaga saja, supaya ga dikira kalau kita ga mau balikin uangnya.

 

        Jadi itu semua cerita pengalaman saya selama interview, ga lanjut ketahap selanjutnya rasanya ya seneng ya sedih sih dikit, hehe. kalau ada pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar dibawah, jangan sungkan sungkan, langsung saya balas kok kalau saya online. kalau misalnya ada yang mau nambahin, atau memberi kritik sama saran silahkan juga, saya dengan senang hari akan menerima nya, Selamat Berjuang.. Good Luck

HudanAchmad

Jagalah semangatmu agar tetap ada, bersungguh-sungguh, jangan mudah menyerah, bergunalah bagi orang lain. tech addict, family addict, suka memotivasi diri sendiri dengan bicara sendiri, on progress "mempelajari setiap langkah kehidupan"

Post Comment